MONEV PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA SMP DARUTTAQWA KEBOMAS

“ MARI MEMBIASAKAN  HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT MASA  PANDEMI COVID 19”

Rabu, 2 Desember 2020

Siaran pers tanggal 20 nopember 2020 Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Bapak Nadiem Makarim telah mengizinkan  sekolah tatap muka mulai januari 2021 dengan syarat dan panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang harus diterapkan pada masa pandemi COVID19. Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri yaitu Mentri Pendidikan dan Kebudayaan,Mentri Agama,Mentri Kesehatan, juga Mentri dalam Negri.

Mulai Januari 2021,kebijakan Pembelajaran Tatap Muka dimulai dari pemberian izin oleh pemerintah daerah atau kantor wilayah atau kantor kementrian agama dan tetap dilanjutkan dengan izin berjenjang dari satuan pendidikan dan orang tua.

Pembelajaran tatap muka dimasa pandemi ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan kedala-kendala  pembelajaran jarak-jauh seperti ada ancaman anak putus sekolah,meningkatnya resiko stres pada anak,terjadinya kekerasan pada anak,kesenjangan capaian belajar dan learning loos yang berpengaruh pada perkembangan anak.

Sehingga mendikbud menegaskan pembelajaran tatap muka yang rencananya dilaksanakan januari 2021 satuan pendidikan harus menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan kebutuhan sebagai berikut:

  1. Sanitasi,termasuk toilet bersih dan layak.
  2. Fasilitas kesehatan
  3. Kesiapan menerapkan wajib masker
  4. Sarana cuci tangan atau hand sanitizer dan disinfektan.
  5. Menyediakan thermoghun (alat pengukur suhu tubuh )
  6. Pemetaan satuan pendidikan untuk mengetahui siapa yang punya komorbid (penyakit penyerta)
  7. Persetujuan komite sekolah dan orang tua/wali siswa.

Rabu, 2 Desember 2020 SMP Daruttaqwa Dahanrejo Kebomas Gresik  kedatangan  tamu dari Pengawas Diknas Gresik Bapak  Drs. M.Ibrahim Suyuthi,M.Pd dan Dra. Ibu Sujiati, MM dalam  melakukan MONEV (monitoring dan evaluasi) terkait kesiapaan pembelajaran tatap muka di SMP Daruttaqwa Dahanrejo Kebomas Gresik dengan instrumen dan ceklist kebutuhan-kebutuhan yang harus disiapkan.

Dengan ditemui oleh Ketua TIM Pelaksana SATGAS COVID 19 (Bpk. M.Arifuddin Niti Al-Islami dan Bpk Syamsul Arifin,S.Pd) serta sebagai penanggung jawab Kepala sekolah SMP Daruttaqwa (Bapak Ahmad Kohar,S.Pd.M.Pdi), Alhamdulillah kegiatan Monev tersebut berjalan lancar dan sukses walaupun masih ada catatan-catatan motivasi  yang perlu dilengkapi diantara: POSKO SATGAS COVID19, Publikasi Kawasan Wajib Protokol Kesehatan dan Komitmen, Kerjasama dan Kekompakan TIM SATGAS COVID19  SMP Daruttaqwa dan warga sekolah.

Dari hasil MONEV Di SMP DARUTTAQWA tersebut, marilah kita sambut  kegiatan pembelajaran tata muka SMP DARUTTAQWA dimasa pandemi covid 19 ini Yakni di Bulan Januari 2021 selalu menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan dalam SOP (Standar Operasional Prosuder) yang telah disepakati bersama Steakholder/Pemangku,Yayasan, Komite sekolah,Pengelola,Guru siswa,Wali murid dan seluruh warga sekolah dan melakukan pembiasaan hidup sehat dan bersih sehingga terhindar dari penyebaran covid 19.

Diantaranya pembiasaan melakukan :

3 M : Mencuci tangan pakai sabun, Memakai Masker,Menjaga Jarak

3 T : testing (pengujian) ,tracing (menelusuri),dan treatment (pengobatan).

3 K : Kaji Informasi,Kelola Emosi,Kembangkan Sumber Daya.                

Serta Selalu Berdo`a dan Berdzikir membaca sholawat agar segala penyakit khususnya covid19 segera  diangkat Allah SWT, yang sakit disembuhkan Allah SWT dan kita semua diberikan kesehatan dhohir dan batin dalam kegiatan pembelajaran mencari ilmu agama dan umum. Aamiin Ya Robbal `Alamin. (AK).